Tip Presentasi Agar Sukses Dalam Penjualan Produk

Tips Presentasi Sukses Penjualan


Tips Presentasi Sukses. Sebuah Presentasi yang sukses ditandai dengan pembukaan awal yang mengesankan audiens. Sebelum melakukan presentasi terlebih dahulu anda harus menguasai Struktur Presentasi yang menggunakan metode A-I-D-A. Dalam sebuah pembukaan presentasi, apa yang di sampaikan pertama kali itulah hal yang paling mudah di inggat oleh Audiens. Maka dari itu kata-kata awal yang menarik dan mengesankan akan mempengaruhi jalannya presentasi Anda berikutnya. 

Hal-hal penting yang paling menentukan dalam Presentasi Sukses adalah memahami materi dan permainan kosa kata. Sebelum melanjutkan bahasan ini perlu diketahui apa sih sebenarnya fungsi pembukaan. Fungsi Pembukaan Dalam Presentasi 
Yang Pertama : Tujuan Presentasi Anda di pahami oleh Audiens. Maka pembukaan presentasi, Anda harus menjelaskan tujuan dan keuntungan yang akan di dapat audiens dari presentasi Anda, jika audiens sudah memahaminya sudah barang tentu mereka akan tertarik dan fokus untuk mendengarkan penyampaian Anda selanjutnya. 

Yang Kedua : Buat Gambaran Keseluruhan atas Apa yang di Utarakan Pembukaan presentasi kalau di umpamakan dengan opening sebuah film atau Extra Film, lima menit pemutaran pertama Anda sudah mendapat gambaran cerita dari sebuah film, selanjutnya anda bisa tentukan apakah anda akan melanjutkan menonton atau berhenti menonton. 

Yang Ketiga : Membuat Audiens menjadi Penasaran sehingga termotivasi untuk mendengarkan lebih lanjut tentang presentasi Anda. Kedatangan audiens dalam sebuah presentasi mempunyai alasan yang berbeda, diantaranya Ada yang benar-benar ingin mendapatkan informasi, ada juga yang datang atas perintah atasanya ataupun hanya sekedar memenuhi ajakan teman, oleh karena itu, kesempatan ini harus digunakan untuk memotivasi mereka supaya bisa mendengarkan presentasi anda sampai tuntas dengan memancing rasa ke ingin tahuan mereka. 

Ada lima hal yang membuat presentasi anda sukses.

Yang Pertama : Sampaikan Maksud dan Tujuan Presetasi di awal pembukaan. Cara yang paling gampang serta dapat Anda terapkan untuk berbagai situasi yaitu membuka presentasi dengan menyampaikan maksud dan tujuan. Dengan cara tersebut, audiens anda akan mengerti apa yang akan di dapat setelah presentasi Anda. Anda juga bisa menetapkan harapan (ekspektasi) audiens tentang lama presentasi serta apa saja yang akan diutarakan. Contohnya Anda ingin menawarkan jasa sebuah software sistem administrasi kepegawaian di hadapan para menejer yang menjadi target calon pembeli produk Anda. Untuk membuka percakapan anda bisa lakukan seperti contoh berikut : 

"Bapak dan ibu yang saya hormati, selamat Siang. Saya sangat senang sekali mendapat kesempatan untuk hadir di hadapan Bapak/Ibu sekalian. Dalam waktu tiga puluh menit ke depan, saya akan jelaskan sebuah sistem administrasi kepegawaian yang dapat membantu Bapak/Ibu mengelola data karyawan secara cepat, mudah dan akurat. 

Di akhir presentasi nanti, Bapak dan Ibu akan bisa memahami keunggulan dan manfaat yang akan didapatkan dari sistem ini, serta apa saja yang membedakannya dengan produk sejenis lainnya di pasaran. Dengan demikian, Bapak/Ibu bisa mengambil keputusan investasi yang paling baik bagi perusahaan yang Bapak / Ibu Kelola. 

Yang Kedua Buka Presentasi dengan Sebuah Pertanyaan. Jika seorang bertanya kepada Anda tentu secara otomatis anda akan berusaha untuk menjawabnya, begitu pula saat Anda mengajukan pertanyaan ketika membuka presentasi. Audiens tanpa di paksa akan berusaha berfikir dan mencari jawaban atas pertanyaan yang anda ajukan. Buat pertanyaan yang akan mengajak audiens untuk fokus pada tema presentasi yang sedang anda bahas. 

Yang Ketiga Bukalah presentasi Anda dengan sebuah cerita Misalnya anda cerita masa kecil Anda yang penuh dilema, sampai anda menjadi sukses, ataupun anda bisa cerita tentang teman anda yang sukses menjalani bisnisnya, yang penting adalah cerita yang menarik. Dengan cerita tersebut diharapkan dapat membuat pikiran audiens hanyut dengan apa yang di sampaikan. 

Yang Ke Empat : Membuka Presentasi dengan Data dan Fakta Jika Presentasi Anda mempunyai Fakta dan Data yang menarik, Anda bisa menggunakan informasi tersebut untuk membuka presentasi, dan bisa mengajak orang untuk berfikir. Tidak hanya itu, data dan fakta mampu membuat efek dramatis tanpa haris di dramatisir. 

Yang ke Lima Presentasi dengan Kutipan atau Pertanyaan Anda juga bisa membuka presentasi dengan mengutip perkataan tokoh terkenal atau meniru gaya tokoh terkenal. Pembukaan seperti ini akan menari jika kutipa yang dipilih cocok dengan topik presentasi Anda. Namun jangan dipaksakan jika menggunakan kutipan tidak sesuai dengan matari Presentasi Anda. 

Nah itulah lima hal yang akan menentukan Presentasi Sukses. Semoga bisa membantu.

Postingan Populer